Ads 468x60px

Social Icons

Rabu, 06 Maret 2013

BNN Lakukan Tes Urine di KanKemenag Balangan


Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan, Selasa kemarin (05/03), secara mengejutkan datangi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan untuk melakukan tes urin terhadap para pejabat dan staf di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan.
Kedatangan tim dari BNN Kabupaten Balangan ini itu sontak mengejutkan sejumlah pejabat dan pegawai di Kemenag Balangan yang saat itu tengah dalam kesibukan masing-masing seperti halnya seksi urais yang sedang ada kegiatan rakor dengan KUA kecamatan. Namun Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan Drs H Raihan Redha yang juga telah berada di kantor, langsung menyambut positif kedatangan dari BNN tersebut, sekaligus mendukung upaya tersebut.
Setelah segala perlengkapan disiapkan, tim yang dipimpin langsung Kepala BNN Kabupaten Balangan Suhaili, S.Sos tersebut langsung melaksanakan tugasnya. Sejumlah Kepala Seksi serta para staf Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan tampak antusias mendaftarkan diri mereka ke petugas BNN.

Kepala BNN Kabupaten Balangan Suhaili ketika diwawancarai disela-sela kegiatan tersebut mengatakan, program tes urin ini sengaja digelar secara mendadak karena prosedurnya memang sudah seperti itu.
“Kami sengaja tidak mengkonfirmasi kapan akan melakukan tes, karena prosedurnya memang seperti itu namun sebelumnya kami telah memberi surat pemberitahuan suatu saat akan datang untuk melakukan tes, untuk waktu dan tanggalnya tetap kami rahasiakan, jadi sewaktu-waktu kami bisa saja datang berkunjung” tegasnya.
Saat ditanya mengenai tindak lanjut terhadap hasil tes kali ini, Suhaili menjelaskan bahwa pihak BNN tidak pada haknya untuk menentukan sanksi terhadap PNS bersangkutan
“Jika ada yang kedapatan prosesnya akan diserahkan kepada pimpinan instansi yang bersangkutan terkait dengan kode etik masing-masing. Namun perlu ditegaskan bahwa pada prinsipnya pengguna itu adalah korban, maka proses penanganannya adalah rehabilitasi dan bukan dikriminalkan” jelasnya.
Ditambahkannya pula selain melakukan tes terhadap Kemenag Balangan, pihaknya juga telah melakukan hal serupa untuk instansi lain di Balangan seperti KPU, Kejaksaan, Kepolisian Setda Balangan hingga ke Bank dan PDAM. “Alhamdulillah hasilnya cukup baik, banyak yang negatif. Hal itu kami harapkan pula terjadi di Kankemenag Kabupten Balangan, semoga hasilnya negatif semua” imbuhnya.
Menurut Ayu dari bagian Dayamas (Pemberdayaan Masyarakat) BNN Balangan, tes urin tersebut mencakup 6 parameter yaitu Ampethamine, benzodiazepine, Kokain, Metafetamin, Opium, dan THC (tetra-hydro-cannabinol).
Sambutan positif yang diberikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan terhadap pelaksanaan tes urin itu, menjadi bukti konkrit peran serta Kementerian Agama dalam menciptakan lingkungan kerja bebas narkoba dan hal itu secara langsung ikut pula menunjang program Pemerintah Indonesia Bebas Narkoba 2015.(dly)

0 komentar:

Poskan Komentar